PELATIHAN PENGELOLAAN WEB DINAS (PPID) TAHUN 2024

Sumber Gambar :

Pandeglang- Dalam merealisasikan prinsip penyelenggaraan good governance (tata kelola pemerintahan yang baik) dan clean government (Pemerintahan yang bersih) dalam praktek penyelenggaraan pemerintahan daerah yang didukung pemanfaatan teknologi informasi, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Banten menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Web Dinas (PPID) Tahun 2024 dari tanggal 21 Maret 2024 sampai dengan 28 Maret 2024. Tujuan dari pelatihan tersebut adalah agar pengelolaan website di Perangkat Daerah dapat lebih dioptimalkan dan komunikatif dengan masyarakat. Peningkatan pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan sikap yang memadai mengenai ketentuan, tata cara, serta teknologi pengelolaan website. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan agar peserta mampu: Memahami dasar-dasar pengelolaan website dan Mendesain dan mengelola website dengan efektif.

Pelatihan ini juga akan membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan untuk mengelola situs web pemerintahan dengan baik. Peserta sendiri berasal dari Perangkat Daerah Provinsi Banten dan Perangkat daerah dari Kabupaten dan Kota dengan jumlah keseluruhan 284 peserta aktif dengan metode pembelajaran Blanded Learning.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Banten, Untung Saritomo, S.Sos., SH., M.Si menyampaikan dalam pembukaan Pelatihan, peningkatan pelayanan mutu pelayanan publik yang cepat dan tepat, pemanfaatan teknologi informasi merupakan salah satu cara dalam penanganannya, seperti penggunaan website disetiap instansi layanan publik. “Pelatihan kali ini difokuskan pada seluruh Perangkat daerah di Provinsi Banten, baik itu Pemprov maupun Perangkat Daerah di Kabupaten / Kota pengelola Website terhadap operator-operator yang telah ditunjuk. Harapan kita, dengan pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik yang Informatif, cepat dan tepat,” ujarnya. (21/3).

Ditambahkan bahwa informasi merupakan komponen penting dalam menunjang kinerja pemerintahan serta meningkatkan peran serta masyarakat. Salah satu media yang cukup popular digunakan saat ini adalah website pemerintahan. Melalui website masyarakat dapat mengakses serta memberikan kritik dan saran terhadap unit kerja pemerintah dalam melayani masyarakat. Dengan adanya komunikasi timbal balik yang terjalin melalui website tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dari pemerintahan serta kualitas kehidupan dari masyarakat.

 


Share this Post