Perancangan Jaringan Komputer Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Banten

Sumber Gambar :

Oleh : Dhen Ipung

Analisis dan Perancangan Jaringan Komputer Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Banten

Kebijakan Pemerintah akan pentingnya teknologi informasi dan komunikasi tentang penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik. Melalui pengembangan e-government, pemerintah mengharapkan dapat dilakukan penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi komunikasi. Untuk mendukung pelaksanakan tersebut peranan teknologi informasi khususnya infrastruktur jaringan sebagai media penyampai informasi tentunya harus mempunyai kecepatan akses tinggi agar penyebarluasan informasi secara sektoral dapat memenuhi kebutuhan berbagai kalangan.

Seiring dengan laju perkembangan teknologi yang semakin pesat, semakin meningkat pula kemudahan-kemudahan dan fasilitas-fasilitas yang mendukung manusia dalam upaya untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Teknologi jaringan komputer merupakan salah satu teknologi yang sebagian besar mewarnai kehidupan manusia saat ini, seperti instansi pemerintahan, pendidikan, industri, hiburan, dan sebagainya telah menggunakan teknologi jaringan komputer sebagai alat bantunya, dalam instansi pemerintahan  khususnya teknologi jaringan komputer dapat membantu efisiensi dan efektifitas dalam melakukan pekerjaan, dengan adanya jaringan komputer data dan informasi dapat di transfer secara simultan dalam hitungan detik (real time). Secara historis jaringan komputer muncul dari adanya kebutuhan untuk berbagi data di antara pengguna. Jaringan komputer pun memungkinkan adanya penggunaan resource bersama seperti penggunaan data secara terpusat (server), penggunaan internet, penggunaan mesin printer, fax dll, dapat dilakukan dengan adanya jaringan komputer.

Dinas Pertambangan Dan Energi Provinsi Banten merupakan salah satu instansi pemerintahan yang ikut serta memanfaatkan teknologi jaringan komputer yang menawarkan kemudahan-kemudahan dalam melakukan kegiatan pekerjaan guna meningkatkan efektifitas kinerja dan fungsi-fungsi pelayanan publik sehingga terwujud suatu sistem pemerintahan yang efektif dan efisien. Disadari maupun tidak, perkembangan teknologi yang semakin pesat, tuntutan masyarakat akan pemerintahan yang baik sudah sangat mendesak untuk dilaksanakan oleh aparatur pemerintah. Salah satu solusi yang diperlukan adalah keterpaduan sistem penyelenggaraan pemerintah melalui jaringan sistem informasi yang dilandasi oleh jaringan komputer dan internet untuk mengakses seluruh data dan informasi terutama yang berhubungan dengan pelayanan publik.

Jaringan komputer local dan internet pada dinas pertambangan dan energi itu penting  karena dengan adanya jaringan komputer pertukaran data dan informasi dapat di lakukan dengan mudah tanpa menggunakan media penyimpanan sementara seperti CD maupun flash disk dll, penggunaan mesin printer, scanner dan foto copy dapat di lakukan tanpa harus memindahkan mesin tersebut, up date informasi dan pengiriman e-mail dapat di lakukan dengan menambahkan fasilitas internet. Jaringan komputer yang terkoneksi dengan fasilitas internet akan memudahkan para pegawai Dinas Pertambangan Dan Energi dalam mengakses informasi sebagai acuan dalam meningkatkan kwalitas baik pelayanan maupun kinerja, dapat juga di gunakan sebagai sararana berkomunikasi dan memberikan informasi seluas-luasnya kepada kalangan masyarakat sehingga tercapainya peningkatan pelayanan informasi yang ceptat tepat dan terarah.

Hasil pemetaan yang telah di lakukan pada Dinas Pertambangan memungkinkan terealisasinya penggunaan teknologi informasi berbasis jaringan komputer yang terkoneksi ke internet, hasil pemetaan tersebut meliputi tinjauan denah lokasi dan pertalatan jaringan yang ada pada Dinas Pertambangan dan Energi. 

  •  

Identifikasi kebutuhan

Pertimbangan updating server yang dilakukan pada Dinas Pertambangan dan Energi ada dua bagian utama, yaitu dari sisi hardware dan dari sisi software. Dari sisi software, bagian terpenting tentunya adalah software utama yang menjadi dasarnya, yaitu sistem operasi Windows Server 2003, windows xp sp2, Ubuntu, Aplikasi Server dll. Sedangkan hardware yang dibutuhkan untuk membangun server tersebut antara lain : tiga buah PC Besar, tiga buah Power Supplay, tiga Buah Stabilizer. Tiga buah PC tersebut digunakan untuk : computer server, web server dan beck up server.

Dalam melakukan pemilihan sistem operasi perlu membandingkan nilai pembelian dari masing - masing sistem operasi yang berbeda tersebut. Di kategori ini, ada dua jenis biaya, yaitu operating sistem yang berbayar (sering juga disebut proprietary), dan ada juga operating sistem yang tidak berbayar. Sistem operasi yang tidak berbayar biasanya berjenis software open source.

4.1.1 .Identifikasi Kantor dan Periperial Jaringan Terpasang

Dinas Pertambangan dan Energi yang terletak diatas tanah Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten memiliki luas tanah  dengan bentuk bangunan menyerupai huruf U memiliki dua tingkat dan terdapat enam ruangan yang digunakan untuk melakukan aktifitas pekerjaan disesuaikan dengan bidang-bidang yang ada pada Instansi Dinas, ruangan-ruangan tersebut antara lain : Ruangan Kepala Dinas, ruangan Sekertaris Dinas, ruangan Pertambangan dan Geologi, ruangan Pengawasan dan Pengendalian, Ruangan Bina Usaha dan Kerjasama, Ruangan Energi dan Ketenagalistrikan. Secara garis besar setiap ruangan yang ada, desain bentuknya memiliki kesamaan diantaranya terdapat ruangan Pimpinan selaku kepala bidang, ruangan wakil selaku Kasi, ruangan staff, ruangan kebersihan dan ruangan mushola. Dalam pelaksanaannya desain bentuk ruangan yang ada direnovasi menyesuaikan kebijakan pimpinan dengan kesepakatan para pegawai yang terdapat pada masing-masing bidang untuk keamanan dan kenyamanan dalam beraktifitas.

Gambar . Denah lantai bawah Dinas Pertambangan dan Energi

Gambar . Denah lantai Atas Dinas Pertambangan dan Energi

Gambar diatas merupakan desain bentuk ruangan Dinas Pertambangan dan Energi yang telah dilakukan renovasi dengan rincian sebagai berikut :

A = Ruangan Kepala Dinas

Ruangan Kepala Dinas didalamnya terdapat empat ruangan antara lain ruangan kerja kepala dians, ruang bersih-bersih, ruangan istirahat dan ruangan sekertaris kepala dinas. Terdapat dua leptop dan satu mesin fax yang difungsikan untuk melakukkan pekerjaan.

B = Ruangan Sekertaris Dinas

Sekertaris Dinas bertugas membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan perumusan perencanaan,pelaksanaan evaluasi dan pelaporan, melaksanakan monitoring, pelaksanaan administrasi umum, kepegawaian dan keuangan. Terdapat tiga ruangan yang difungsikan dalam melaksanakan pekerjaan antara lain ruangan Sekertaris Dinas, Kabag Umum dan

C = Ruangan Bidang Umum

Ruangan bidang umum terdapat beberapa seksi antara lain seksi program, seksi keuangan, seksi umum, dan seksi iventarisasi barang (gudang). Didalam masing-masing ruangan tersebut memiliki periperial hardware yang digunakan dalam melakukan aktifitas pekerjaan antara lain ruangan seksi program terdapat empat PC , dua leptop dan 2 mesin printer, seksi keuangan memiliki empat PC, satu leptop dan dua mesin printer, seksi umum memiliki lima PC, dua leptop serta dua mesin printer dan yang terakhir yaitu seksi gudang memiliki dua leptop dan dua mesin printer. Berikut ini merupakan rincian spesifikasi hardware yang digunakan pada masing-masing seksi Bidang Umum :

D = Ruangan Bina Usaha dan Kerjasama

Ruangan Bina usaha dan kerjasama terdapat delapan ruangan yang digunakan antara lain ruangan Kepala Bidang dan Kerjasama, ruangan Kabid wasdal, ruangan Kasi dan ruangan PPTK sedangkan para staff menempati ruangan tengah dengan ditempatkan meja dan kursi serta komputer PC dan mesin printer disesuaikan kebutuhan masing-msaing seksi. Berikut ini jumlah staff pada setiap seksi dan spesifikasi komputer serta mesin printer yang digunakan :

  1. Seksi Datim

Seksi datim merupakan seksi yang bertanggung jawab terhadap ketersediaan data dan informasi dari setiap bidang. Terdapat lima orang pegawai dengan jumlah komputer 3 unit dan 3 leptop serta 3 unit mesin printer

  •  

 

Seksi

Jenis dan Spesifikasi

SO

Pengguna

Status

No Komputer

keuangan

PC

Aspire M5641

Intel ® core ™2 Duo CPU

E4700 @ 2.60GHz HDD 300GB

Display  Nvidia GeForce 7100/Nvidia nForce 630i

Total Memori       512Mb

Type Monitor   LCD V193w 21inc

Microsoft Windows Xp Profesional Version 2002 Sp2 (build 2600)

 

 

Milik Dinas

Keu01

 

PC

Aspire M3710

Intel ® core ™2 Duo CPU

E4700 @ 2.80GHz (2 CPUs), HDD 300GB

Display  Nvidia GeForce 9200/Nvidia nForce 630i

Type Monitor LCD 203H  21inc

Microsoft Windows Vista ™ Home Premium (6.0 Build 6001)

 

 

Milik Dinas

Keu02

 

PC

Aspire M3710

Intel ® core ™2 Duo CPU

E4700 @ 2.80GHz (2 CPUs), HDD 300GB

Display  Nvidia GeForce 9200/Nvidia nForce 630i

Type Monitor LCD 203H  21inc

Microsoft Windows Vista ™ Home Premium (6.0 Build 6001)

 

 

Milik Dinas

Keu03

 

PC

Aspire M5641

Intel ® core ™2 Duo CPU

E4700 @ 2.60GHz HDD 300GB

Display  Nvidia GeForce 7100/Nvidia nForce 630i

Total Memori       512Mb

Type Monitor   LCD V193w 21inc

Microsoft Windows Vista ™ Home Premium (6.0 Build 6001)

 

 

Milik Dinas

Keu04

 

 

 

 

 

 

Jumlah

PC = 4unit, Leptop 1 unit

Printer Epson Lg 2180

Hp Laserjet 1020

 

 

 

 

 

Program

 

 

 

 

 

 

PC

Aspire M5641

Intel ® core ™2 Duo CPU

E4700 @ 2.60GHz HDD 300GB

Display  Nvidia GeForce 7100/Nvidia nForce 630i

Total Memori       512Mb

Type Monitor   LCD V193w 21inc

Microsoft Windows Vista ™ Home Premium (6.0 Build 6001)

 

 

Milik Dinas

Prog01

 

PC

Aspire M5641

Intel ® core ™2 Duo CPU

E4700 @ 2.60GHz

Display  Nvidia GeForce 7100/Nvidia nForce 630i

Total Memori       512Mb

Type Monitor   LCD V193w 21inc

Microsoft Windows Vista ™ Home Premium (6.0 Build 6001)

 

 

Milik Dinas

Prog02

 

PC

Aspire M5641

Intel ® core ™2 Duo CPU

E4700 @ 2.60GHz HDD 300GB

Display  Nvidia GeForce 7100/Nvidia nForce 630i

Total Memori       512Mb

Type Monitor   LCD V193w 21inc

Microsoft Windows Vista ™ Home Premium (6.0 Build 6001)

 

 

Milik Dinas

Prog03

 

PC

Pentium ® 4 CPU 3.20 GHz (2 CPUs) HDD 150GB

1016Mb Of Ram Physical Addres

Total Memori       225.0Mb

Type Monitor    AL1516 17inc

Microsoft Windows Xp Profesional Version 2002 Sp2 (build 2600)

 

Milik Dinas

Prog04

Jumlah

Jumlah Printer = 2

@ Canon Pixma ix5000

@ Lg 1000

 

 

 

 

Umum

 

 

 

 

 

 

Type komputer

Pentium ® 4 CPU 3.20 GHz (2 CPUs) HDD 150GB

1016Mb Of Ram Physical Addres

Total Memori       225.0Mb

Type Monitor    AL1516 17inc

Microsoft Windows Xp Profesional Version 2002 Sp2 (build 2600)

 

Milik Dinas

Umum01

 

Type komputer

Pentium ® 4 CPU 3.20 GHz (2 CPUs) HDD 150GB

1016Mb Of Ram Physical Addres

Total Memori       225.0Mb

Type Monitor    AL1516 17inc

Microsoft Windows Xp Profesional Version 2002 Sp2 (build 2600)

 

Milik Dinas

Umum02

 

PC

Aspire M5641

Intel ® core ™2 Duo CPU

E4700 @ 2.60GHz

HDD 300GB

Display  Nvidia GeForce 7100/Nvidia nForce 630i

Total Memori       512Mb

Type Monitor   LCD V193w 21inc

Microsoft Windows Vista ™ Home Premium (6.0 Build 6001)

 

Milik Dinas

Umum03

 

PC HP

Intel ® core ™i5

CPU 650 @3.20GHz

2.00Mb  Total Memori 512Mb

Type Monitor  Acer 771 17inc

150GB SATA

 

 

Milik Dinas

Umum04

 

PC Compaq Presario S4090 AP

Intel P4 2.2GHz

256Mb.

Total Memori       512Mb

Type Monitor   Acer 771 14inc

150GB SATA

 

 

Milik Dinas

Umum05

 

Leptop

 

 

Milik

 

 

Leptop

 

 

Milik

 

Jumlah

5unit PC, 2unit leptop dan 3unit printer

 

 

 

 

Gudang

2 Leptop

 

 

Milik Dinas

 

Jumlah Printer 3

 

Printer Epson Lg 2180

HP Laserjet 1600

Lg 1000

 

 

 

 

 

D = Ruangan Bina Usaha dan Kerjasama

Ruangan Bina usaha dan kerjasama terdapat delapan ruangan yang digunakan antara lain ruangan Kepala Bidang dan Kerjasama, ruangan Kabid wasdal, ruangan Kasi dan ruangan PPTK sedangkan para staff menempati ruangan tengah dengan ditempatkan meja dan kursi serta komputer PC dan mesin printer disesuaikan kebutuhan masing-msaing seksi. Berikut ini jumlah staff pada setiap seksi dan spesifikasi komputer serta mesin printer yang digunakan :

  1. Seksi Datim

Seksi datim merupakan seksi yang bertanggung jawab terhadap ketersediaan data dan informasi dari setiap bidang. Terdapat lima orang pegawai dengan jumlah komputer 3 unit dan 3 leptop serta 3 unit mesin printer

Seksi

Jenis dan Spesifikasi

SO

Pengguna

Status

No Komputer

Datim

PC

Processor: Intel Core i3-540 (3.06Ghz, 4MB L2 Cache, 800MHz FSB)

Chipset Memory: 2GB DDR3 1333Mhz Hard Drive: 500GB SATA

Video Card: Intel HD Graphics with 1.70GB Type Monitor 193HQV  15.6 inch LCD

Window 7 Home Premium

Pak Tjejep Hendrawan

Milik Dinas

Datim01

 

PC

Pentium ® 4 CPU 3.20 GHz (2 CPUs) Hard Drive: 150GB SATA

1016Mb Direct Version      Direct X 9.0c Display Intel ® 82945G

Type Monitor  AL1516 17inc

Windows Xp Profesional Version 2002 Sp2 (build 2600)

Ipung

Milik Dinas

Datim02

 

PC

Intel ® core ™i5 CPU 650 @3.20GHz

2.00Mb Of Ram Physical Addres Extention. Hard Drive: 150GB SATA

Sistem Manufaktur  HP

Total Memori       512Mb

Type Monitor  Acer 771 14inc

Microsoft Windows Xp Profesional Version 2002 Sp2 (build 2600)

Bu Sekar

Milik Dinas

Datim03

 

Leptop

 

Pak Wahyu

Milik Pribadi

 

 

Leptop

 

Bu Sekar

Milik Pribadi

 

 

Leptop

 

Pak Ade Lutfianto

Milik Dinas

 

Jumlah

3unit PC, 3unit Leptop dan 3unit printer

Canon IP 2770 , Hp K209a-z,  Hp Laserjet 1022

 

  1. Seksi Perijinan

Seksi perijinan merupakan seksi yang bertugas memberikan kebijakan perijinan kepada sebuah instansi, terdapat lima orang staff dengan satu PC, dua leptop dan satu unit mesin printer yang digunakan dalam melakukan aktifitas dengan spesifikasi seperti berikut :

Seksi

Jenis dan Spesifikasi

SO

Pengguna

Status

No Komputer

Perijinan

PC

Aspire M5641

Intel ® core ™2 Duo CPUE4700 @ 2.60GHz

HDD 300GB

Display  Nvidia GeForce 7100/Nvidia nForce 630i

Total Memori 512Mb

Type Monitor   LCD V193w 21inc

Microsoft Windows Vista ™ Home Premium (6.0 Build 6001)

Pak Adi

Milik Dinas

Perijinan 01

Leptop

 

Pak  Rahmat

Milik Pribadi

 

Leptop

 

Ibu Lia

Milik Pribadi

 

Leptop

 

Pak Sukma

Milik Pribadi

 

Jumlah 1unit PC dan 3unit Leptop

 

  1. Seksi Promosi

Seksi promosi merupakan seksi yang bertugas menarik investor untuk melakukan kerjasama dibidang pertambangan dan energi, terdapat empat orang staff dan dua leptop, satu unit mesin printer dan satu unit PC dengan spesifikasi seperti berikut :

 

Seksi

Jenis dan Spesifikasi

SO

Pengguna

Status

No Komputer

Promosi

PC

Processor OnboardIntel® Core-i5 650 (3.20 GHz, 4MB) ChipsetIntel ® H57 Standard Memory2 GB DDR3-1333 SDRAM PC-10600 Max. Memory8 GB (4 DIMMs) Video TypeATI Radeon HD 5450 512 MB 

Type Monitor  HP X20LED 21inc

Microsoft Windows Vista ™ Home Premium (6.0 Build 6001)

 

Bu Enci

Milik Dinas

Promosi 01

 

Leptop

 

Pak Ade Bernard

Milik Pribadi

 

 

 

 

Pak Aan

Milik Pribadi

Leptop

Jumlah 1unit PC, 3unit Leptop, 1unit printer HP Deskjet D2466

 

E = Ruangan Bidang Lisdes

Ruangan LISDES terdapat  enam ruangan yang digunakan antara dalam melakukan aktifitas kegiatan pekerjaan ruangan tersebut antara lain : ruangan Kepala Bidang, Kasi Bina Terbarukan, Kasi Migas, Kasi Energi Kelistrikan, LISDES merupakan singkatan dari Listrik Pedesaan, bidang lisdes bertugas melakukan pengadaan Listik pedesaan di ingkungan khususnya daerah terpencil diprovinsi banten. Pada ruangan LISDES terdapat tiga unit PC, 5unit leptop dan 3unit mesin printer yang digunakan untuk melakukan aktifitas pekerjaan dengan rincian dan spesifikasi sebagai berikut :

Seksi

Jenis dan Spesifikasi

SO

Pengguna

Status

No Komputer

Migas

PC

Aspire M5641

Intel ® core ™2 Duo CPU

E4700 @ 2.60GHz

HDD 300GB

Display  Nvidia GeForce 7100/Nvidia nForce 630i

Total Memori       512Mb

Type Monitor   LCD V193w 21inc

Microsoft Windows Vista ™ Home Premium (6.0 Build 6001)

 

Milik Dinas

Migas 01

 

Leptop

 

 

Milik Pribadi

 

 

Leptop

 

 

Milik Pribadi

 

 

Leptop

 

 

Milik Pribadi

 

Jumlah 1unit PC dan 3unit Leptop

Energi dan Ketenaga Listrikan

PC

Aspire M5641

Intel ® core ™2 Duo CPU

E4700 @ 2.60GHz

HDD 300GB

Display  Nvidia GeForce 7100/Nvidia nForce 630i

Total Memori       512Mb

Type Monitor   LCD V193w 21inc

Microsoft Windows Vista ™ Home Premium (6.0 Build 6001)

 

Milik Dinas

EKTL01

 

PC

Aspire M5641

Intel ® core ™2 Duo CPU

E4700 @ 2.60GHz

HDD 300GB

Display  Nvidia GeForce 7100/Nvidia nForce 630i

Total Memori       512Mb

Type Monitor   LCD V193w 21inc

Microsoft Windows Vista ™ Home Premium (6.0 Build 6001)

Staff

Milik Dinas

EKTL02

 

PC

IBM

Intel ® P4 3.00GHz

496Mb Of Ram Physical Addres Extention.

150GB SATA

Total Memori 512Mb

Type Monitor LCD 203H 14inc

Microsoft Windows Xp Profesional Version 2002 Sp2 (build 2600)

 

Staff

Milik Dinas

EKTL02

 

Leptop

 

 

 

 

 

Jumlah 3unit PC, 1 Unit Leptop dan 2unit printer = 2

@ Canon ix 5000

@ Canon MP 258

 

 

 

 

Bina Terbarukan

Leptop

 

 

Milik Pribadi

 

 

F = Ruangan Pertambangan dan Geologi

Pada Ruangan Pertambangan dan Geologi terdapat satu ruangan kepala bidang dan tiga ruangan kepala seksi dengan jumlah PC 5unit, 2 mesin printer yang dipakai secara bersama-sama dan Leptop 3unit. Tugas pokok dan fungsi dari bidang ini adalah menangani pembinaan, koordinasi, evaluasi dan perumusan kebijakan teknis operasional dibidang Pertambangan dan Geologi, berikut ini merupakan spesifikasi hardware yang digunakan dalam melakukan aktifiatas :

Bidang

Jenis dan Spesifikasi

SO

Pengguna

Status

No Komputer

Pertambangan dan Geologi

PC HP

Intel ® core ™i5

CPU 650 @3.20GHz

2.00Mb  Total Memori 512Mb

Type Monitor  Acer 771 17inc

150GB SATA

Microsoft Windows Xp Profesional Version 2002 Sp2 (build 2600)

 

Milik Dinas

P&G01

 

PC Compaq Presario S4090 AP

Intel P4 2.2GHz

256Mb.

Total Memori       512Mb

Type Monitor   Acer 771 14inc

150GB SATA

Microsoft Windows Xp Profesional Version 2002 Sp2 (build 2600)

 

Milik Dinas

P&G02

 

Aspire M5641

Intel ® core ™2 Duo CPU

E4700 @ 2.60GHz

HDD 300GB

Display  Nvidia GeForce 7100/Nvidia nForce 630i

Total Memori       512Mb

Type Monitor   LCD V193w 21inc

Microsoft Windows Vista ™ Home Premium (6.0 Build 6001)

 

Milik Pribadi

P&G03

 

Aspire M5641

Intel ® core ™2 Duo CPU

E4700 @ 2.60GHz

HDD 300GB

Display  Nvidia GeForce 7100/Nvidia nForce 630i

Total Memori       512Mb

Type Monitor   LCD V193w 21inc

Microsoft Windows Vista ™ Home Premium (6.0 Build 6001)

 

Milik Dinas

P&G04

 

PC

 

 

Milik Pribadi

 

Jumlah

6unit PC, 3unit Leptop dan 2unit printer

Printer Epson Lg 2180

Hp Laserjet 1022

 

Identifikasi Jaringan Lokal dan Internet Dinas Pertambangan dan Energi

Topologi menggambarkan struktur dari suatu jaringan atau bagaimana sebuah jaringan didesain. Pola ini sangat erat kaitannya dengan metode access dan media pengiriman yang digunakan, disamping spesifikasi komputer yang digunakan. Pembangunan topologi yang ada sangatlah tergantung dengan tata letak denah lokasi dan ruangan yang ada pada Dinas Pertambangan dan Energi dengan penempatan periperial jaringan pada masing-masing ruangan, penentuan topologi jaringan yang terpasang pada Dinas Pertambangan dan Energi akan berimbas pada kualitas kontrol yang dibutuhkan dalam komunikasi ataupun penyampaian pesan, serta kecepatan dari pengiriman data.

Desain bentuk topologi yang di gunakan pada dinas pertambangan dan energi saat ini adalah menggunakan topologi star dan bus, dalam konfigurasi star, beberapa peralatan yang ada seperti PC dan Hub dihubungkan pada satu titik pusat control komputer. Model jaringan star yang dibangun ini relative sederhana dengan menghubungkan setiap PC yang ada didalam internal seksi. Semua link saling berhubungan dalam berinteraksi dimana setap komputer dapat bertindak sebagai server sekaligus client.  

Setiap komputer dalam jaringan star berkomunikasi dengan central hub pada internal seksi yang mengirimkan pesan ke semua komputer (dalam broadcast star network) atau hanya ke komputer yang dituju (dalam switched star network).

  1. Keuntungan dari penggunaan topologi star pada jaringan Dinas Pertambangan dan Energi :
  1. Mudah untuk mengubah dan menambah komputer didalam internal seksi
  2. Apabila satu komputer yang mengalami kerusakan dalam jaringan maka komputer tersebut tidak akan membuat mati seluruh jaringan star. Hub dapat mendeteksi kesalahan dalam jaringan dan memisahkan komputer yang rusak tersebut dari jaringan dan memperkenankan jaringan untuk beroperasi kembali.
  1. Kelemahan dari penggunaan topologi star pada jaringan Dinas Pertambangan dan Energi :
  1. Memiliki satu titik kesalahan, terletak pada hub yang menghubungkan hab 24port dengan hab 8 port, Jika hub 24 port mengalami kegagalan, maka seluruh jaringan akan gagal untuk beroperasi.
  2. Memerlukan alat pada central point untuk mem-broadcast ulang atau pergantian traffic jaringan (switch network traffic).
  3. Membutuhkan lebih banyak kabel karena semua kabel jaringan harus ditarik ke satu central point.

Topologi yang dibangun pada Jaringan Dinas Pertambangan dan Energi yang ada saat ini menggunakan gabungan dari dua topologi star dan bus, jaringan yang terhubung kesetiap ruangan dan komputer yang ada belum menggunakan pembungkus keamanan jalur kabel sehingga memungkinkan adanya kabel yang rusak dan mengurangi kerapihan tata ruangan.

Hambatan-hambatan Jaringan Lokal dan Internet

Pada dasarnya topologi jaringan local dan internet yang digunakan sudah sesuai jika untuk menghubungkan didalam internal seksi atau hanya didalam internal bidang, akan tetapi jika permasalahan yang ada saat ini adalah jaringan local yang digunakan belum dapat dimaksimalkan dengan baik karena jaringan yang ada hanya memenuhi kebutuhan jaringan local dalam internal seksi dan belum memungkinkan adanya koneksi antar seksi.

Perancangan dan Instalsi Sistem Operasi Server

Tahap Identifikasi

Perancangan Perancangan Jaringandiperlukan berbagai tahapan informasi yang sesuai dengan perumusan masalah yang ada dan ide pokok pemecahan masalah merupakan model jaringan yang akan di bangun. Pada tahapan ini akan dilakukan kegiatan diantaranya yaitu : identifikasi permasalahan yang terjadi, identifikasi kebutuhan pemakai dan pemecahan masalah dengan membangun server komputer.

  1. Identifikasi kebutuhan hardware:
  1. Kebutuhan server komputer
  2. Rak server
  3. fortigate
  4. Penempatan ruangan server.
  5. Kebutuhan jaringan komputer yang tersentralisasi.
  1. Kebutuhan software
  1. Windows server 2003
  2. fortianalizer
  3. Sistem operasi Suse Linux
  4. Aplikasi Server
  1. Mengidentifikasi kebutuhan brainware :
  1. Pekerja

Dinas Pertambangan dan Energi membutuhkan media sebagai sarana guna meningkatkan kemudahan dan efektifitas dalam bekerja.

  1. Masyarakat

Disadari maupun tidak masyarakat kini telah menjadi juri masal yang kritis atas kinerja para pegawai pemerintahan sehingga membutuhakan arus yang cepat, tepat dan akurat.

  1. Pemecahan masalah

Setelah mempelajari permasalahan diatas, dibutuhkan server komputer pada Dinas Pertambangan dan Energi. Sebagai solusi guna memanagement jaringan terpasang sehingga data dan informasi dapat dimanagement dengan baik seperti tersedianya server database, file sharing server, email server, sampai menjadi web server.

Perancangan Jaringanmerupakan alternatif yang efektif untuk memecahkan permasalahan diatas, karena dengan komputer server dapat memberikan solusi yang saat ini dihadapi antara lain :

  1. Resource sharing bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai. jadi source sharing adalah suatu usaha untuk menghilangkan kendala jarak.
  2. Reabilitas dengan menggunakan jaringan komputer akan memberikan reliabilitas tinggi yaitu adanya sumber-sumber alternatif  pengganti jika terjadi masalah pada salah satu perangkat dalam jaringan, artinya karena perangkat yang digunakan lebih dari satu jika salah satu perangkat mengalami masalah, maka perangkat yang lain dapat menggantikannya.
  3. Sebuah jaringan komputer mampu bertindak sebagai media komunikasi  yang baik bagi para pegawai yang terpisah antar ruangan. Dengan menggunakan jaringan, dua orang atau lebih yang berjauhan akan lebih mudah bekerja sama dalam menyusun laporan.
  4. jaringan internet akan memdudahkan para pegawai dalam mencari referensi data dan informasi yang diperlukan sekaligus jaringan internet juga dapat digunakan sebagai sarana penyebaran informasi kepada masyarakat luas.
  1. Setelah dilakukan pengklasifikasian, selanjutnya melakukan kegiatan-kegiatan teknis yang akan dilakukan, terdapat beberapa upaya guna melakukan perencanaan komputer server tersebut antara lain :

 

  1. Perencanaan Ruang komputer / server

Ruangan server  yang berisi instalasi komputer baik tunggal maupun jaringan atau tempat perangkat utama komputer diletakkan. Sedangkan data pendukung seperti piranti keluaran dapat diletakkan di ruang lain tergantung kebutuhan. Tetapi pada umumnya yang terdapat di ruang komputer adalah CPU, Printer, dan Perangkat masukan lainnya, yang dapat kita letakkan diruang lain adalah terminal komputer, piranti masukan dan keluaran yang menggunakan CPU komputasinya, melalui perangkat penghubung (Communication channel). Yang harus diperhatikan dalam perencanaan tata ruang komputer adalah : Pencahayaan (alat penerangan,tata letak monitor dan lampu), Desain ruang komputer (suhu ruang komputer / server), Perhatikan penempatan device (printer,fax,telpon), Bebas medan magnet dan listrik,bebas getaran, dan bebas terhadap zat kimia, Terdapat UPS (Uninterruptible Power Supply), Bebas dari debu,asap da terhadap gas-gas tertentu, Penangkal petir, HVAC (Heat/Ventillation/Air Conditioning), Fire Protection (deteksi dan pemadam kebakaran)

Alasan dibutuhkan perencanaan

  1. Keamanan alat

Peralatan yang ada umumnya sangat bernilai bagi kelangsungan sistem dan tidak murah

Kebutuhan lingkungan yang khusus atau memenuhi syarat tertentu, karena peralatan komputer dengan kemampuan tinggi umumnya sensitif terhadap suhu, kelembapan dan tegangan listrik.

  1. Kenyamanan

Mempermudah pengecekan sistem secara berkala

Efisiensi dan efektifitas perawatan sistem.

  1. Besar dan rumit

Umumnya sebuah pusat komputer/pengolahan data/kontrol LAN akan sangat besar dan rumit, Jaringan komputer terpusat yang ada juga biasanya secara fakta sangat rumit

  1. Keseimbangan perencanaan

Perlu diperhatikan keseimbangan elemen-elemen yang akan mempengaruhi desain ruang komputer termasuk peralatannya. Elemen-elemen tersebut diantaranya: lokasi ruang komputer, tata ruang, keamanan fisik, sistem UPS, Generator listrik cadangan, distribusi daya listrik, sistem pendinginan dan kelembapan udara, raised flooring, deteksi dan pemadam kebakaran, control akses dan keamanan, dan sistem monitoring untuk seluruh elemen tersebut.

Jenis / tipe / kebutuhan lainnya

  1. Ruang Server
  2. Kontrol LAN
  3. Pengolahan data
  4. Penyimpanan alat
  5. Staff atau operator
  1. Desain tata letak ruang komputer
  1. Harus diantisipasi adanya kebutuhan untuk peningkatan daya listrik dan perluasan ruangan di kemudian hari.
  2. Harus tersedia pendinginan yang cukup dan sebanding terhadap beban yang ada.
  3. Harus dirancang kontrol akses dan sistem keamanan ke ruang komputer yang sesuai dengan jenis  ruangannya.
  4. Setiap perubahan desain, software dan hardware harus terdokumentasi, dalam rangka kemudahan pelacakan terhadap perencanaan (roadmap) jika terjadi kesalahan atau gangguan sistem.
  5. Pemahaman terhadap kebutuhan system perusahaan / instansi adalah langkah awal desain ruang komputer yang efisien dan aman.
  6. Perhatian khusus harus diberikan pada aspek teknis dan lingkungan penunjang, yaitu: system pendinginan udara, kontrol kelembapan, distribusi dan aliran udara, distribusi dan proteksi daya listrik, keamanan dan deteksi kebakaran, tata ruang dan penempatan peralatan, akses perawatan, jalur pengkabelan, keamanan fisik.
  1. Tata Ruangan
  1. Tata ruang (kesesuaian dg fungsi, penempatan peralatan, kenyamanan penggunaan, kemudahan perawatan, keindahan)
  2. Aspek pengkabelan baik untuk power maupun LAN (jalur-jalur pengkabelan, outlet, saklar, dll)
  3. Kontrol keamanan (mudah diamati, pengamanan instalasi listrik dan LAN, lokasi tertutup di dalam ruang komputer seminimal mungkin)
  4. Aksesibilitas (alur pergerakan orang mudah dan tidak membahayakan, kemudahan akses secara umum, pembatasan akses pada ruang tertentu, dll)
  1. Tanggung jawab dan prosedur tugas operator
  1. Memelihara dan mengontrol fisik perangkat di ruang komputer.
  2. Mengontrol dan mencatat kerja perangkat komputer dan perangkat pendukung ruang.
  3. Mempersiapkan, mengoperasikan perangkat dan media rekaman (disk/tape) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
  4. Membuat catatan mengenai kesibukan komputer untuk mendukung perancangan pekerjaan instalasi komputer.
  5. Memproses data sesuai dengan ketentuan (waktu prioritas tahap proses, kelengkapan keluaran).
  6. Menjaga keamanan benda inventaris, data program, paket dan informasi dari orang-orang yang tidak berhak.
  7. Mencatat waktu operasi dan kebutuhan operasi ruang komputer.
  8. Perlengkapan utama ruang komputer (adanya daya listrik sebagai penyedia tenaga/power). Tanpa adanya listrik, komputer hanyalah benda mati yang tidak ada gunanya.
  9. Pemasangan tenaga listrik harus dibatasi dalam pemakaiannya agar tidak mengganggu prinsip kerja dari komputer itu sendiri.
  10. Alat yang biasa digunakan berkaitan dengan keperluan penyedian listrik disebut dengan UPS atau Uninterruptible Power Supply. Fungsi UPS adalah agar data yang diproses tetap terjaga keaslian dan kinerjanya. UPS dapat menyimpan sementara daya listrik yang digunakan oleh komputer apabila listrik yang digunakan tiba-tiba padam dan diperlukan waktu untuk menyimpan file data tersebut sehingga tidak menjadi rusak.

Management Server

Management server yang dilakukan untuk menyediakan layanan pendistribusian data secara sektoral terhadap client yang ada pada setiap seksi/ bidang berikut tahapan yang dilakuakan :

  1. Klik Start, pilih All program lalu Administrative Tools dan Active Directory Users and Computer.

Manfaat Jaringan Komputer Server Dinas Pertambangan dan Energi

Manfaat dilakukan nya upgrading server pada Dinas Pertambangan dan Energi adalah terciptanya proses kerja berbasis IT di lingkungan Dinas Pertambangan dan Energi, Pejabat, Pegawai serta tamu yang berkunjung di Kantor dengan mudah dapat memperoleh akses internet sehingga proses korespodensi melalui email dapat dilakukan. Secara terperinci manfaat yang didapat dari jaringan intranet ini adalah tersedianya data secara sectoral yang dapat diakses oleh client yang ada pada lingkungan dinas, dengan adanya server computer keamanan data dan management data dapat dilakukan dengan baik guna memonitoring komputer client sesuai kebutuhan dinas, tersedianya e-Mail Address yang terintegrasi ke alamat distamben.go.id, terintegrasinya Server WEB dalam satu jaringan di ruang data center, terjalinnya sinergi antar unit kerja dalam proses penyebaran informasi.

Maintence Jaringan Komputer Server Dinas Pertambangan dan Energi

Kegiatan maintenance PC client dan server Dinas Pertambangan dan Energi, bertujuan agar kinerja komputer tetap maksimal dan sistem berjalan dengan baik tetap terjamin, bebas dari masalah kecil yang berdampak besar di kemudian hari.berikut ini adalah kegiatan maintence jaringan server Dinas Pertambangan dan Energi :

  1. Maintenance Hardware

Mainboard atau biasa di panggil dengan sebutan Mobo tersebut, memang rentan terkena debu atau kotoran yang masuk dari luar. melakukan kegiatan cleaning/ pembersihan mobo dengan cara vacuum pc dengan compressor atau alat pembersih lainnya. selanjutnya Untuk merawat RAM cabut RAM lalu bersihkan bagian bawah RAM tersebut dengan penghapusan. lakukan kegiatan pembersihan dengan penghapusan tersebut secara berulang,  hingga semua sisi RAM terlihat tanpa debu. Selanjutnya untuk hardware-hardware yang lainnya, yang berada di dalam tabung CPU seperi processor, power supply, kipas CPU, harddisk drive dan lain-lainnya dibersihkan menggunakan alat yang dapat menghilangkan debu dan aman buat hardware tersebut.

  1. Perhatikan Software Pendukung

Pastikan anti virus terpasang dan lakukan selalu scan virus dan juga updatenya. Perlu diperhatikan dalam melakukan maintenance/perawatan PC, bukan hanya hardware saja yang diperhatikan, tetapi perangkat lunak pendukung pun juga harus butuh perhatian. Antara hardware dan software adalah saling berhubungan satu sama lain. Tak kalah penting adalah anti virus/Avir . Peran avir sendiri bagaikan baju besi yang melindungi tubuh/hardware PC.  Sangat penting memasang anti virus pada PC client atau server anda, demi kenyamanan dan keamanan PC anda. Maka dari itu selalu lakukan update anti virus dan lakukan pula lah scanning anti virus pada PC anda demi kenyamanan dan keamanan PC, lakukan Defragment harddisk. Defragment harddisk, adalah kegiatan menata kembali file-file yang tidak tersusun secara teratur, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Selain untuk menata file, defragmenter ini juga mempunyai fungsi menjaga kestabilan dan kondisi hardisk karena defragmenter mampu mengakomodasi dan men-fix kan boot sector dalam hardisk ataupun error program. Pengecekan koneksi jaringan setiap jam kerja sampai dengan selesai

Hambatan-Hambatan Jaringan Komputer Server Dinas Pertambangan dan Energi

Dalam membangun sebuah system tentunya tidak luput dari kendala dan hambatan, berikut merupakan hambtan-hambatan yang dapat mengurangi kinerja maupun penerapan upgrading server tidak dapat berjalan dengan baik : Perlunya tegangan listrik yang baik dengan sirkulasi udara  yang memadai untuk menjaga kestabilan dan kinerja computer server. Perlunya maintence berkala dari setiap jaringan mulai dari pengecekan server, hub, modem, router dan line jaringan yang menghubungkan ke setiap pc client.

 


Share this Post