SEBARAN GEOLOGI PROVINSI BANTEN


SEBARAN GEOLOGI PROVINSI BANTEN

Provinsi Banten mempunyai bentang alam wilayah terdiri atas pedataran sebagaimana yang terbentang antara Tangerang dan Serang, perbukitan sedang (antara Serang – Pandeglang – Cibaliung) dan perbukitan terjal yang tersebar di Bagian Selatan dengan puncak-puncak G. Sanggabuana, G. Halimun, G. Endut dan G. Nyungcung.

Keadaan bentuk bentang alam ini sangat berkaitan erat dengan kondisi geologi regional daerah Banten yang merupakan bagian dari jalur/busur magmatik berumur Tersier-Kuarter yang membentang dari ujung utara P.Sumatera sampai Nusa Tenggara yang dikenal sebagai Busur Magmatik Sunda-Banda (Sunda-Banda Magmatic Arc).Di daerah Banten busur ini membentuk kubah, pematang dan kerucut gunungapi yang aktif.

Kondisi geologi seperti tersebut diatas menghasilkan potensi sumber daya mineral dan  geowisata yang cukup melimpah. Daerah berbatuan gunung api tua yang diterobos oleh batuan intrusif yang lebih muda, merupakan tempat kedudukan mineralisasi logam dasar dan logam mulia seperti timbal, besi dan emas. Sedangkan daerah berbatuan gunung api lebih muda merupakan daerah prospek untuk bahan galian industri seperti batu pasir kuarsa, batu gunung, bentonit, zeolit, lempung, toseki dan tras. Selain itu daerah berbatuan sedimen tua dan muda sangat erat kaitannya dengan keterdapatan batubara dan batugamping.

Sedangkan untuk potensi geowisata, bekas tambang emas Cikotok dapat dijadikan salah satu potensi unggulan yang dapat menghasilkan PAD bagi Propinsi Banten.Tambang emas Cikotok ini merupakan salah satu tambang tertua di kawasan Asia Tenggara yang masih terawat baik sehingga bisa dimanfaatkan untuk obyek pendidikan dan wisata geologi.Tempat ini bisa juga dijadikan sebagai pusat pendidikan pertambangan bagi aparatur Pemerintahan baik dari Propinsi Banten ataupun dari Propinsi lainnya. Selain itu tambang emas di Cikotok bisa juga dijadikan sebagai laboratorium alam yang akan sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan ilmu kebumian.

Potensi bahan galian dan geowisata yang ada ini belum dimanfaatkan secara oPTimal, hal ini mungkin berkaitan dengan kondisi perekonomian nasional yang sedang menurun dan belum maksimalnya pendataan secara detil tentang berbagai jenis potensi sumberdaya mineral yang ada di Propinsi Banten.

 


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan