Profil


Dinas Pertambangan dan Energi dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 03 Tahun 2008 tanggal 03 Januari 2008 tentang Pembentukan, Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Banten.  Struktur organisasi ini merupakan hasil penataan kembali SOTK sebelumnya (Perda Nomor 16 Tahun 2002).  Perubahan organisasi perangkat daerah ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas organisasi, mengoptimalkan nilai pelayanan, mencapai hasil yang lebih maksimal, mengkonsolidasikan fungsi-fungsi, menghilangkan tingkatan dan pekerjaan yang tidak perlu, sehingga organisasi mampu memberi pelayanan optimal dalam rangka pelayanan, pemberdayaan dan pengembangan ekonomi masyarakat.

Untuk menjalankan tugas pokok sesuai PERDA Nomor 03 Tahun 2008 tentang Pembentukan, Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Banten, Pasal 35 (rincian  susunan organisasi Dinas Pertambangan dan Energi) diatur pula fungsi-fungsi yang dimiliki oleh Dinas Pertambangan dan Energi. Fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Dinas Pertambangan dan Energi merupakan unsur pelaksana otonomi daerah di bidang pertambangan dan energi.
  2. Dinas Pertambangan dan Energi dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah
  3. Dinas Pertambangan dan Energi mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi daerah dan tugas pembantuan di bidang pertambangan dan energi.

Dalam Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Pertambangan dan Energi secara jelas digambarkan jenjang-jenjang struktural yang terdiri dari Kepala Dinas sebagai unsur pimpinan sampai kepada jenjang yang berada dibawahnya sebagai unsur pelaksana. Hal ini memperlihatkan bahwa adanya pembagian tugas yang dilaksanakan secara menyeluruh.


Twitter


Facebook