Hari ini 27 Agustus 2021 Tepat 138 Tahun meletusnya Gunung Krakatau


Monumen Gunung Krakatau berlokasi di Pantai Karang Sari kec.Carita Kab.Pandeglang Banten. koordinat 6°17"773' S - 106°50"455' E

"MONUMEN GUNUNG KRAKATAU"
SEMOGA GEMURUH GUNTURMU
SEMOGA KOBARAN API KAWAHMU
SEMOGA GULUNG GELOMBANGMU
SELALU MENGINGATKAN KAMI
KEPADA KEBESARAN NYA
"CARITA 27 Agustus 1883"

Banyak ditemukan singkapan sebagai bukti adanya aktivitas magmatik dan tsunami yang berada disekitar lokasi (foto di slide berikutnya) Dengan desktipsi sebagai berikut :

Singkapan bongkahan lava yg memperlihatkan sisa² batugamping dengan fosil koral, tuf dan arang.
singkapan lava ini sebagai jejak² krakatau 1883 dan menjadi bukti adanya proses geologi letusan krakatau, yaitu tsunami dan aliran piroklastik (awan panas).
Adanya tuf dan lelehan arang, ini diduga sebagai akibat awan panas berupa aliran piroklastik hasil letusan gn.krakatau yang berupa campuran batuan (tuf halus) dan gas bersuhu tinggi (>400 c).
Singkapan lava serta sebaran bongkahan terumbu karang/batugamping di pesisir pantai dengan diameter 0,5 _5 meter, sebagai jejak² krakatau menjadi keanekaragaman yang bernilai terkemuka dan tinggi untuk menjadi lokasi warisan geologi nasional maupun internasional.
Sudah tersedia papan informasi disekitar lokasi singkapan Bongkah batu gamping yang terbawa oleh tsunami tahun 1883.

Semoga informasi ini bermanfaat. Dan menjadikan kita manusia yang selalu bersyukur dan selalu mengingat kebesaran Tuhan.

sumber Instagram Geo & AT DESDM  : https://www.instagram.com/p/CTDqsLaBPP4/?utm_medium=share_sheet
#bidanggeologiairtanah
#dinasesdmbanten
#gunungkrakatau


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan