PERANCANGAN DESAIN BROSUR DINAS PERTAMBANGAN DAN ENERGI PROVINSI BANTEN SEBAGAI MEDIA PROMOSI PUBLIKASI (Bagian2)


Oleh: Dhen Ipung

Brosur Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Banten dibuat menggunakan Adobe Photoshop dan Corel Draw, proses pembuatannya dibutuhkan beberapa foto dukumentasi kegiatan beserta keterangan data kegiatan.


Mengapa DISTAMBEN menggunakan media borsur sebagai media informasi dan publikasi nya?

Media borsur dipilih karena efektifitas serta efisiensi dalam menyampaikan informasi tentang data pertambangan dan energi bagi masyarakat Banten khususnya maupun investor luar sebagai bahan pertimbangan atau bahan informasi para investor ketika hendak beinvestari di wilayah provinsi banten, masyarakat pada umumnya dapat digunakan sebagai media pengawasan beserta pemerintah Provinsi Banten dalam mengawasi aktifitas pertambangan dan energi.

Brosur Dinas Pertambangan dan Energi adalah terbitan tidak berkala yang dapat terdiri dari satu kecil halaman, dan selesai dalam sekali terbit, dengan menggunakan jenis kertas art paper ditambah dengan laminasi glossy. Media promosi yang digunakan Distamben memiliki fungsi antara lain :

  • Fungsi informatif adalah memberikan informasi tentang pelayan informasi pertambangan, kelistrikan dan air tanah, yang mencakup tentang persyaratan administrasi, persyaratan teknis, persyaratan lingkungan serta persyaratan finansial.
  • Fungsi iklan adalah brosur benar-benar sangatlah penting sebagai alat iklan atau alat promosi, guna menarik investor untuk ikut serta membangun pertumbuhan perekonominan masyarakat banten khususnya.
  • Fungsi Identifikasi adalah desain dari brosur Distamben yang memadukan warna dan gambar dalam desainnya sehingga diharapkan para kalangan dapat mengenali dengan mudah bahwa brosur tersebut adalah borsur Dinas Pertambangan dan Energi, seperti perpaduan warna orange dan alat berat tambang mencerminkan informasi tentang sektor pertambangan, abu-abu, biru dan putih mencerminkan sektor air tanah dan kuning beserta gambar pembangkit listrik mencerminkan sektor ketenagalistrikan.

Brosur Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Banten dibuat menggunakan Adobe Photoshop dan Corel Draw, proses pembuatannya dibutuhkan beberapa foto dukumentasi kegiatan beserta keterangan data kegiatan, logo Provinsi Banten beserta foto Gubernur banten, berikut ini adalah proses pembuatannya :

Tampilan awal pembuatan brosur Sektor Pertambangan

Memasukkan background gambar Dinas Pertambangan dan Energi dengan pengurangan warna dasar dari 100% menjadi opacitynya 13%  terlihat seolah gambar bangunan Dinas berada dibelakang warna background. Penambahan gambar gedung dinas digunakan sebagai identitas agar mudah dikenali, memasukkan foto Gubernur Banten H. Rano Karno S.IP sebagai salah satu icon Provinsi Banten, serta menambahkan menambahkan gambar vector dan kotak digunakan sebagai penambahan artistic desain, selanjutnya menambahkan judul Pelayanan Perijinan Sektor Pertambangan, logo serta alamat dari Dinas Pertambangan dan Energi.

Selanjutnya menambahkan alat berat pertambangan pada sisi kiri atas yang mewakili atau menjelaskan brosur tersebut tentang sektor pertambangan.

Penggunaan text pada brosur tersebut dengan membeda-bedakan setiap judul dan sub judulnya dimaksudkan untuk membedakan tentang point sektor pertambangan, persyaratan pembuatan WIUP,IUP, IUP OP, IUJP, IUP OP Khusus pengangkutan dan penjualan, IPR serta diagram alir pelayanan penertbitan rekomendasi perijinan pertambangan. Berikut ini adalah tampilan belakang dari brosur Sektor Pertambangan :

Brosur Sektor Pertambangan menggunakan ukuran kertas A4 dengan tiga lipatan portrait dengan tampilan depan judul pelayanan perijinan sektor pertambangan dan tampak foto dari Gubernur Provinsi Banten.

Tampilan awal pembuatan brousr Pelayanan Perijinan Air Tanah

Tampilan adobe Photoshop diatas adalah menu depan dari brosur pelayanan perijinan air tanah dengan pola yang sama menggunakna ukuran kertas A4, warna dasar adalah biru serta menambahkan gambar vector yang dibuat menggunakan corel draw, foto-foto kegiatan yang telah dilakukan pada kegiatan pembuatan dan pengeboran air tanah, serta foto Gubernur Banten H. Rano Karno S.IP, menandai dan mewakili brosur perlayanan perijinan air tanah pada Dinas Pertambangan dan Energi.

Seperti halnya sektor pertambangan, perijinan ari tanah pada setiap menu atau judul dan sub judulnya menggunakan background text dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat maupun investor dalam menterjemahkan maksud isi dari brosur tersebut.

Brosur terkahir adalah sektor ketenagalistrikan yang dapat dijadikan oleh para pengusaha maupun calon ivestro dibidang ketenagalistrikan dalam melakukan usahanya agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku, berikut adalah proses pembutan brosur sektor ketenagalistrikan

Brosur sektor ketenagalistrikan ditandai dengan pembangkit listrik dalam hal ini sutet yang mewakili dari simbok ketenagalistrikan, gambar bangunan Distamben dan foto Gubernur Provinsi Banten H. Rano Karno S.IP  beserta judul Pelayanan Perijinan sektor ketenagalistrikan ditempatkan dibagian tengah supaya pada saat dilakukan pengemasan gabungan dari gambar tersebut mewakili dari judul yang ditampilkan, pembaca dengan sangat mudah memahami dari gambar tersebut.

Terdapat Sembilan layer beserta tiga folder layer dalam pembuatan brosur tersebut, tingkatan setiap layer merupakan tumpang tindih dari proses desain pembuatan borsur tersebut.

Pada tampilan belakang warna background menggunakan warna dasar kuning, dengan tetap menampilkan simbol dari tenaga listrik dalam hal ini sutet dimaksudkan agar kesan yang ditampilkan dalam desain tersebut tetap mewakili dari simbol sektor ketenaga listrikan.

Terdapat 53 layer dalam pembuatan tampilan belakang brosur sektro ketenagalistrikan tersebut, dari setiap layer terdapat layer text, gambar, warna background kuning serta diagram alur proses rekomendasi perijinan sektor ketenagalistrikan, dari semua layer tersebut dilakukan proses desain yang berbeda beda tentang tata letak, opacity warna penggabungan background gambar dan text dimaksudkan agar memudahkan pengguna dalam membaca dan memahami maksud dan tujuan informasi yang disajikan dalam brosur tersebut.

Demikian tentang proses pembuatan borsur pada Dinas Perambangan dan Energi dari ketiga brosur diantaranya brosur sektor pelayanan perijinan pertambangan, air tanah serta sektor ketenagalistrikan ukuran kertasnya menggunakan A4 yang dilipat menjadi tiga bagian diharapkan pada saat pengemasan dan penyampaian kepada masyarakat dapat mudah dimasukkan kedalam saku maupun tas kecil karna ukuran dan kertas art paper glossy yang simple dan menarik, dengan mengedepankan fungsi identifikasi dari ketiganya memungkinkan brosur tersebut mudah dikenali dari warna, desain serta gambar yang ditampilkan, konsep desain tersebut sengaja di buat agar memberikan kesan prestise dan kredibilitas Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Banten dalam mengenalkan dan menginformasikan tentang pertambangan, air tanah serta ketenagalistrikan sebagai kewenangan rekomendasi perijinan Distamben.


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan