PERAN DATA DAN INFORMASI DI INSTANSI PEMERINTAHAN


PERAN DATA DAN INFORMASI DI INSTANSI PEMERINTAHAN

Oleh: Tubagus Toifur

 

Peran data dan informasi merupakan gambaran yang dapat dijadikan pedoman dalam menentukan arah maupun kebijakan pembangunan yang diharapkan. Pola perencanaan yang tepat sasaran dan sistem pengawasan yang baik merupakan langkah yang tepat dalam menggerakan roda pembangunan. Hal tersebut akan sangat mungkin terrealisasi jika data dan informasi dijadikan sebagai ujung tombak serta dijadikan parameter untuk merencanakan pembangunan baik jangka pendek, menengah dan maupun jangka panjang.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat saat ini yang terus didorong oleh inovasi di bidang penyajian data dan informasi, saat ini data dan informasi bukan lagi sekedar pelengkap bagi sebuah instansi pemerintah dalam menjalankan aktivitasnya, namun informasi sudah menjadi suatu kebutuhan yang bisa menentukan arah kebijakan dan perencanaan pembangunan. Untuk merealisasikan hal tersebut tentunya dibutuhkan data-data yang lengkap, beruapa data dan informasi multi sektoral yang bisa didapat baik dari internal dinas, maupun peran stakeholders dan masyarakat. Sehingga diharapkan data yang didapatkan menghasilkan informasi yang berkualitas yang bisa menjadi solusi dalam menangani semua aktivitas rutin instansi atau organisasi sesuai dengan kebutuhannya.

Perkembangan teknologi informasi seperti komputer, gadget serta aplikasi-aplikasi pendukungnya merupakan faktor penunjang cepatnya penyebaran informasi yang bisa dimanfaatkan baik oleh instansi pemerintah maupun masyarakat luas sebagai sarana komunikasi timbal balik.

Salah satu sisi berkembangnya teknologi adalah kemampuan komputer yang semakin baik, hal ini mendorong pemanfaatan komputer dalam membantu menyelesaikan pekerjaan perkantoran. Seiring berkembangnya pengetahuan pemakai dan tumbuhnya jasa penyaji informasi, didorang pula oleh semakin terjangkaunya perangkat keras telah berdampak pada semakin banyaknya pemanfaatan komputer yang digunakan untuk meningkatkan kemudahan dalam mengolah dan mendapatkan informasi. Peranan dari sistem komputerisasi akan menjadi sangat penting terutama apabila ditujukan sebagai alat bantu yang berfungsi untuk melakukan pengolahan data guna melakukan perencanaan maupun pengambilan kebijakan, karena dari sistem yang diterapkan diharapkan mampu menghasilkan data dan informasi yang cepat, tepat dan akurat.

Pengertian data dan informasi menurut para ahli digambarkan sebagai berikut:

Menurut Zulkifli A. M., data adalah keterangan atau bukti mengenai suatu kenyataan yang masih mentah, masih berdiri sendiri-sendiri, belum diorganisasikan, dan belum diolah.

Pengertian informasi menurut Raymond Mc.Leod, informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat  ini atau mendatang.

Dari pengertian data dan informasi tersebut dapat disimpulkan bahwa data adalah sekumpulan objek, variable tertentu yang dapat diolah sedemikian rupa dengan teknik pengolahan data guna mendapatkan informasi yang bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam mengolah kebijakan atau keputusan.

Peran data dan informasi di instansi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Banten

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral merupakan salah satu OPD yang ikut serta dalam memajukan pembangunan di Provinsi Banten senantiasa berperan aktif dan memberikan kontribusi positif dalam pengelolaan pertambangan dan energi yang optimal, berbagai macam potensi merupakan modal strategis dalam menjalankan pembangunan yang pengelolan dan pemanfaatannya ditunjukkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Guna mendukung pengelolaan pembangunan tentunya ketersediaan data dan informasi menjadi sarana penunjang yang berperanan penting.  Perolehan data primer, sekunder sampai dengan data-data indikator utama pembangunan disusun guna memberikan dukungan analisa ataupun masukan yang berguna dalam penentuan arah pembangunan. Kebutuhan penyediaan data pembangunan kiranya merupakan produk kegiatan yang tidak terpisahkan dalam mendukung keberhasilan kegiatan target pencapaian pembangunan yang berkelanjutan.

Data dan informasi khususnya bidang pertambangan dan energi, dari tahun ke tahun terus ditingkatkan agar dapat terkelola dengan cukup baik sehingga keberagaman data dan informasi menjadi lebih berarti. Cukup banyak data primer maupun data skunder hasil inventarisasi maupun survei lapangan yang telah dilaksanakan.

Beberapa gabungan data dengan formulasi tertentu kemudian dapat disusun menjadi informasi maupun indikasi data yang baru. Indikator data berupa data-data utama dapat memberikan suatu analisa atau pun masukan informasi tertentu yang digunakan dalam penentuan kebijakan pembangunan ke depan.

Berkenaan dengan penjelasan tersebut, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral terus berupaya untuk mengorganisasi dan mengelola data bidang pertambangan dan energi yang terdapat di wilayah Provinsi Banten. Cukup banyak keragaman data-data pertambangan dan energi yang dapat dijadikan suatu informasi indikator pembangunan sehingga dalam konteks ini, penyusunan pengorganisasian data dari berbagai sektor harus terus ditingkatkan, agar data yang dihasilkan dapat di kelola dan diolah menjadi informasi yang bermanfaat. Berikut adalah konsep alur data dan informasi ditinjau dari konsep Data Flow Diagram (DFD) yang diharapkan dari diagram tersebut dapat menjelaskan alur data yang dapat diproses menjadi informasi.

DFD Level 0

DFD Level 1

 

 

Data dan informasi yang tertata tentunya akan memudahkan setiap informasi yang dibutuhkan, untuk itu penataan dan pengelompokan data perlu diinventarisir sesuai dengan jenisnya masing-masing, berikut pengelompokan data yang ada di Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral:

  • Data Laporan Akhir (Kegiatan/Bimtek/Sosialisasi) bersifat swakelola
  • Data Laporan Akhir Pekerjaan (Konsultan/konstruksi/akomodasi) oleh Penyedia Barang dan Jasa
  • Data Paparan/Presentasi berupa Power Point hasil penyertaan dan penyelenggaraan
  • Data Peta : Tematik/Potensi/Rupa Bumi
  • Data Umum : Makalah, Jurnal
  • Data Atribut : Tabel (excel), Bagan, Grafik.
  • Dll.

Upaya perbaikan data dari tahun ke tahun terus ditingkatkan dengan harapan dapat memberikan informasi yang baik tepat dan bermanfaat. Demikian ulasan tentang peran data dan informasi di instansi pemerintahan. 


Jadwal Sholat


Prakiraan Cuaca


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Peta


Statistik Kunjungan


Kritik dan Saran